300x250 AD TOP

.

Rabu, 10 April 2013

Tagged under: ,

Kisah di Balik Es Potjong yang Kebanyakan Orang Tidak tahu

es potjong solo
Kalau pas cuaca panas kemungkinan besar di twitter @Tongkrongansolo pada nanya tempat minum es yang enak dan asik tempat nya.  dan yang menjadi salah satu favorite adalah Es Potjong yang selain enak juga berada di tengah-tengah kota yang mudah dijangkau. Antrian sudah pasti, dulu karena saking rame nya si Es Potjong ini sempat ditegur sama satpol PP karena memakan city walk sehingga para pejalan kaki atau pemakai sepeda susah untuk lewat di city walk tempat Es Potjong berjualan ini.

Dibalik Es Potjong bisa ramai seperti sekarang ini tentu bukan lah proses instant. supermin saksi hidup perjalanan salah satu kuliner solo ini karena dari awal supermin memang pelanggan setia si Es Potjong ini. Sekitar bulan November 2011 supermin masih ingat betul yang beli es potjong ini rata-rata hanya 50-75 gelas per hari. nah kalau musim hujan lebih parah bisa hanya terjual 10-15 gelas saja per hari. waktu itu hujan sambil ngobrol di kendaraan roda tiga nya es potjong ini yang dijadikan tempat berteduh dadakan.

Sempat Ingin Ganti Jualan Es Degan

Lingga Permana si pemilik es potjong pernah bercerita bahwa dulu nya dia hampir menyerah karena mengira es potjong nya tidak laku dan tidak diterima masyarakat. sampai muncul pemikiran dia mau ganti jualan es degan alias es kelapa muda yang notabene lebih simple dan masyarakat juga sudah familiar. Karena kondisi sepi itu juga salah satu karyawan es potjong pilih keluar dan memutuskan melamar kerja di salah satu mall di solo.

Konsisten di Twitter

Di tengah keputusasaan supermin mencoba untuk mensupport agar tidak menyerah (cieee). lambat laun mulai terasa peningkatan. apalagi dengan adanya twitter untuk media promosi dan engagement dengan para costumer. ternyata masyarakat solo sangat penasaran dengan es potjong. dan sengaja awal-awal dulu di twitter tidak diupload foto bentuk es potjong nya agar menimbulkan efek penasaran para masyarakat. dengan konsisten berkicau di twitter boom sampai kewalahan harus cari karyawan tambahan. dari twitter pula es potjong ini bisa diliput TV dalam acara Benu Buloe Trans TV dan Moccacino Trans TV serta beberapa koran lokal. Dalam hati sempat terbesit "untung dulu gak jadi jualan es degan".

Pelajaran yang bisa diambil
- Sebelum benar-benar menyerah cobalah lagi siapa tahu sukses sebenarnya sudah di depan mata
- Punyai mimpi dan  kerjar habis-habisan mimpi tersebut.
- Lihat twitter nya @espotjongsolo dia sangat jarang tweet mengenai produk nya apalagi tweet hard selling mengiklankan produknya. Kunci nya di Engagement dengan costumer

Bermanfaat? jangan lupa dishare ya.

Foto by : NgiderNgiler
Follow : @TongkronganSolo

1 komentar:

  1. Referensi yang bagus gan,
    kalau bisa kasih masukan, ada tempat yang patut diliput, namanya "Ayam Siram", walaupun pertama saya mau coba enggan karena masih sepi, setelah coba rasanya nagih banget, mantapp. Recommended buat yang cari tempat makan enak. Just Share..

    BalasHapus